Tablet, Dari Tahun ke Tahun

Perkembangan Tablet, Dari Tahun ke Tahun

Meskipun tablet PC baru populer beberapa tahun belakangan ini, tetapi sesungguhnya ide tablet PC sudah muncul sejak tahun 1960-an. Saat itu, tentu saja konsep dan teknologinya masih sangat sederhana.

Dalam perkembangan selanjutnya, terdapat beberapa perangkat yang bisa digolongkan sebagai Tablet PC sehingga dicatat sebagai tonggak sejarah bagi keberadaan tablet di dunia elektronika modern.

Inilah tablet PC yang dinilai menjadi tonggak sejarah

RAND tablet yang juga disebut sebagai Grafacon (Graphic Converter) dianggap sebagai tablet pertama di dunia. Pembuatnya adalah Advanced Research Projects Agency. RAND tablet adalah salah satu perangkat pertama yang menggunakan stylus. Saat dirilis, harganya dipatok USD 18 ribu.

Selang beberapa tahun, tepatnya tahun 1968, Alan Kay dan Xerox Palo Alto Research Center berhasil mendisain konsep tablet modern yang diberi nama: Dynabook Tablet ini sedianya dirancang sebagai perangkat elektronik untuk anak-anak yang akan memudahkan mereka mengakses media digital.
Tetapi Dynabook tidak pernah menjadi produk komersial massal. Alan Kay sendiri kemudian berkonsentrasi pada program laptop murah One Laptop Per Children (OLPC).

Apple Graphics Tablet adalah produk komersial yang dilengkapi dengan stylus, saat itu masih menggunakan kabel. Tablet ini dirancang dengan fungsi utama untuk menggambar, hasil gambarnya kemudian bisa ditransfer ke komputer.
Apple Graphics yang dirilis tahun 1979 dan dibandrol dengan harga USD 650 terbilang sebagai produk yang kurang diminati konsumen di jamannya.

Sepuluh tahun kemudian, lahirlah Gridpad. Perangkat ini juga disebut-sebut sebagai
tablet PC portabel pertama. Dengan layar sentuh monokrom 10 inch dan baterai tahan 3 jam, Gripad yang rilis tahun 1989 ini dibanderol dengan harga cukup mahal, USD 2.370.
Meski mendapat sambutan cukup baik di pasar, khususnya untuk segmen pebisnis. Tetapi Gridpad hanya bertahan pada satu generasi, karena produsennya, AST  kolaps.

Meski generasi Gridpad tidak berlanjut, salah satu teknisi Gridpad bernama Jeff Hawkins punya ide untuk membuat tablet dengan ukuran lebih portabel. Dia pun mendirikan Palm Computing untuk mewujudkan impiannya.
Bekerjasama dengan perusahaan Tandy dan Casio, akhirnya perangkat layar sentuh bernama Tandy Zoomer dirilis pada tahun 1992. Namun PDA dengan stylus ini kurang diminati. Tandy Zoomer kemudian menginspirasi kehadiran PDA Palm Pilot.

Selanjutnya, muncullah Apple Newton MessagePad. Perangkat yang dirilis oleh Apple ini boleh disebut sebagai cikal bakal tablet. Perangkat yang dilengkapi dengan stylus untuk navigasi ini cenderung masuk kategori PDA.
Nasib Apple Newton sama dengan Tandy Zoomer, tidak pernah menuai sukses di pasaran. Hingga Apple memutuskan untuk menghentikan produksinya di tahun 1998.

Pada tahun yang sama, masuklah Fujitsu Stylistic 2300. Perangkat ini mengklaim sebagai tablet pertama yang sudah menggunakan layar warna. Prosesornya memakai Pentium 233.
Selain itu, Stylistic 2300 juga punya modem terintegrasi. Dari sisi spesifikasinya, tablet buatan vendor asal Jepang ini agaknya termasuk yang paling canggih pada zamannya.

Tiga tahun kemudian, tepatnya tahun 2001, Microsoft meluncurkan Compaq Tablet yang juga disebut sebagai generasi tablet modern. Pada saat merilis Compaq Tablet, Bill Gates selaku bos Microsoft yakin komputer tablet akan sangat populer.
"Dalam lima tahun, saya memprediksi tablet akan menjadi jenis PC paling populer yang dijual di Amerika Serikat," kata Gates ketika itu. Namun prediksinya itu salah karena tablet Windows belum menuai sukses sesuai harapan.

Tahun 2003, Compaq merilis tablet PC Hybrid bernama TC1000. Tablet dengan layar sentuh berukuran 10,4 inch ini dibekali dengan keyboard. Keyboard ini dapat dilepaskan dari tablet.
Perangkat tersebut memakai OS Windows XP. Desainnya dinilai sebagai terobosan pada zamannya dan meraih berbagai penghargaan.

Tahun 2010, Apple yang dipimpin mendiang Steve Jobs merilis iPad yang kelak akan menjadi tablet PC tersukses secara komersial. Kehadirannya memicu industri tablet menjadi maju pesat. Sampai saat ini, dominasi iPad di pasar komputer tablet belum tergoyahkan.
Didukung aplikasi berlimpah dan desain cantik, iPad cepat menuai ketenaran. Saat ini, komputer tablet berbasis sistem operasi iOS ini sudah memasuki generasi yang ketiga.

Motorola Xoom menandai keseriusan Google memasuki pasar tablet dengan sistem operasi Android. Xoom adalah tablet pertama yang memakai sistem operasi Android Honeycomb, OS yang khusus didesain untuk perangkat tablet.
Dari sisi Spesifikasi, Xoom juga maju pada zamannya. Tablet yang rilis awal tahun 2011 ini dibekali prosesor dual core Nvidia Tegra dan kamera 5 megapixl lengkap dengan lampu flash.