.

Tablet Dapat Gantikan Notebook dan Laptop?

Dapatkah Tablet Menggantikan 
Notebook dan Laptop?


Sampai tahun 2012, dengan dukungan hardware yang masih terbatas dan kompatibilitas fitur yang dimiliki tablet. Maka tablet belum bisa menggantikan Notebook atau Laptop.

Hal ini lebih disebabkan oleh selera pasar yang suka menggunakan tablet untuk membaca buku dan majalah digital, nonton video, main game, browsing internet, presentasi, jejaring sosial, serta memeriksa dan mengirim email.

Dipublikasikan atau tidak, saat ini produsen sudah mulai merancang tablet yang bisa menggantikan fungsi notebook atau laptop. Karena pasar terus berubah dan cenderung menuntut lebih banyak

Sampai saat ini perkembangan teknologi tablet hampir sama dengan komputer portable seperti Notebook atau Laptop. Tetapi juga memiliki kelemahan dibandingkan dengan komputer portabel seperti Notebok atau Laptop.

Beberapa kelemahan tablet adalah suplai daya terbatas. Jika dilengkapi dengan teknologi jaringan selular dan fitur mobile phone sebagai alat komunikasi, tablet cenderung untuk selalu dihidupkan.

Kartu Gafis terbatas. Tablet bisa digunakan untuk menyunting foto, tetapi dengan fitur dan hasil terbatas. Berbeda dengan dukungan untuk Notebook atau Laptop yang memang dirancang untuk bekerja. 

Ruang Penyimpanan Terbatas. Beberapa tablet memiliki slot tambahan untuk kartu memory MicroSD, tapi dengan kapasitas maksimum 32GB. Selain itu masih banyak tablet yang tidak dilengkapi dengan slot tambahan.

Tidak ada standar yang jelas mengenai kompatibilitas dan dukungan software pada setiap tablet, karena penggunaan OS yang tidak seragam. Disamping itu, setiap vendor memiliki pertimbangan yang berbeda terhadap pasar yang dibidik, ongkos produksi dan harga jual serta produk pesaing.

Pada prinsipnya, kelebihan dan kelemahan tablet tergantung pada kebutuhan penggunanya. Jika Anda lebih banyak menggunakan Notebook atau Laptop sebagai perangkat untuk bekerja, maka tablet memilik banyak kelemahan.

Sebaliknya, jika Anda suka browsing, chatting, nonton video dan membaca majalah berwarna, maka tablet memiliki banyak keunggulan yanng Anda perlukan. 



Back to Homepage > TabletNews