.

Demi iPad Mini, iPad Lain Dihentikan

iPad Mini Harus Laku, 
iPad Lain Tidak Dipasarkan 

Demi iPad Mini, iPad Lain Dihentikan

Jika iPad Mini yang ditawarkan lebih murah tidak terjual dalam jumlah yang besar, maka Apple tidak akan memperoleh keuntungan seperti yang diprediksikan. Selain harus canggih, iPad Mini juga harus bisa dijual murah untuk menghadang para pesaing di pasar tablet 7 inci.

Produk Apple terhitung menjadi mahal setelah Amazon meluncurkan Kidle Fire yang hanya dijual (US) $199. Kemudian ketika Kindle Fire generasi kedua, Kindle Fire HD 8.9" 4G LTE Wireless diluncurkan dan dibanderol dengan harga $499.00, sedangkan untuk Kindle Fire HD 8.9" dijual $299.00, ini masih termasuk dalam kategori harga rata-rata. 

Kini Amazon bahkan menjual Kindle Fire dengan penawaran khusus seharga $159. Sedangkan untuk mengimbangi Kindle Paperwhite, eReader yang juga diluncurkan secara bersamaan, pesaingnya, Barnes & Noble memotong harga Nook Glowlight e-reader dari $ 139 menjadi $ 119

Jika setelah itu produk tablet dengan merk lain juga turun ke pasar, maka mereka menggunakan harga Kindle Fire sebagai “patokan”. Akibatnya, pasar tablet tidak diramaikan oleh promosi tentang banyaknya fitur atau inovasi baru, melainkan oleh murahnya harga tablet.

Hal ini tentu saja berimbas kepada iPad yang selama ini mendominasi pasar tablet. Untuk mengantisipasi segmen tablet 7 inci, diluncurkanlah iPad Mini dengan harga, yang meskipun murah menurut Apple, masih saja terhitung mahal di pasar tablet sekarang, yakni $329. Ini harga iPad Mini termurah dengan ukuran layar 7,9 inci, WiFi dan kapasitas memory 16 GB.

Nampaknya agak sulit untuk membuka pasar baru dengan tablet versi mini meski berlogo perusahaan elektronik legendaris dari Amerika. Padahal, Apple akan memperoleh keuntungan dari tablet mininya itu jika terjual dalam jumlah banyak. Sementara di pasar juga beredar tablet iPad yang bukan versi mini.

Solusinya, Apple membatasi penjualan iPad 4 yang sebelumnya sudah dipasarkan, agar konsumen beralih ke iPad Mini. Karena itu banyak analis yang mengistilahkan bahwa iPad Mini berdampak kanibal terhadap generasi iPad sebelumnya.

Apakah strategi Apple menggiring konsumen ke iPad Mini itu akan efektif ? Bagaimana dengan konsumen yang ingin menggunakan tablet iPad 10 inci ?